(123)456 7890 demo@coblog.com

7 Tips agar Waktu Belajar Lebih Efektif Selama Ujian

7 Tips agar Waktu Belajar Lebih Efektif Selama Ujian

7 tips agar belajar lebih efektif saat ujian

7 Tips agar Waktu Belajar Lebih Efektif Selama Ujian

Hampir setiap hari Anda menghabiskan rata-rata 6-8 jam belajar. Nah, ketika musim ujian datang, seperti B. saat PTS atau PAS, Anda “dipaksa” untuk belajar lebih lama dan sesering mungkin. Ulangi semua pelajaran yang telah berlalu. Tentu saja, menghabiskan sepanjang malam mempersiapkan ujian hari berikutnya sangat tidak efektif. Lebih baik lagi, cobalah tujuh tips sederhana ini untuk belajar secara efektif di musim ujian ini!

1. Belajar 30 menit

Sebuah studi oleh Kansas State University merekomendasikan untuk memberikan setiap mata pelajaran sejumlah waktu tertentu. Alasan untuk fokus pada satu topik. Pada dasarnya, otak kita hanya dapat menyerap informasi secara efektif selama 15 menit pertama dan 15 menit terakhir pembelajaran. Artinya apapun yang Anda pelajari di tengah periode ini adalah hal yang paling mudah untuk cepat dilupakan. Otak kita tidak hanya mampu menyerap banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan waktu selama 30 menit.

istirahat kedua

Setelah 30 menit, fokuslah untuk belajar, istirahat sejenak untuk melakukan aktivitas penambah daya ingat lainnya. Misalnya, dengan membaca satu bab dari novel favorit Anda yang belum selesai atau menyanyikan dua lagu. Lebih mudah menyerap informasi di tengah jalan daripada langsung menyerap semuanya. Agar Anda dapat memaksimalkan kekuatan otak selama 30 menit ke depan, istirahat sejenak itu perlu sangat bermanfaat.

Baca Juga: #30Tips Belajar Minitbisa

Belajar fokus dalam 30 menitBelajar dalam 30 menit dan istirahat (sumber: freepik.com)

3. Atur timer saat mengerjakan tugas atau pertanyaan yang sulit

Jika Anda dihadapkan pada deadline tugas tertentu atau pertanyaan tertentu yang cukup sulit, Anda perlu memikirkan cara untuk menyelesaikannya di sisa waktu yang tersedia. Atur timer selama 30 menit sehingga Anda dapat fokus pada tugas dan pertanyaan tersebut. Ingat, fokus pada tugas atau masalah, oke?

4. Atur waktu

Jam alarm

Siapkan alarm, buku pelajaran dan nutrisi untuk tubuh (sumber: freepik.com)

Alih-alih mempelajari seluruh subjek sepanjang malam, pertimbangkan untuk membaginya menjadi beberapa bagian pada waktu yang berbeda. Misalnya, di malam hari Anda hanya menghabiskan waktu dua jam, termasuk istirahat antara 30 menit; dan pada siang hari Anda melakukan hal yang sama. Gunakan waktu ini untuk mengisi kembali nutrisi lain dalam tubuh Anda dengan cukup tidur dan makan makanan bergizi.

5. Belajar di meja Anda

Bahkan, duduk di tempat tidur dengan meja lipat di pangkuan terasa lebih nyaman. Namun kenyamanan yang “berlebihan” justru akan mengacaukan konsentrasi Anda saat belajar. Gunakan tempat tidur Anda hanya untuk istirahat dan gunakan meja belajar Anda. Jika Anda masih memilih untuk belajar di tempat tidur, akan butuh waktu lama untuk melawan kenyamanan.

6. Buku teks dan buku latihan

Belajar sambil menulis ulang poin-poin penting juga akan meningkatkan daya serap Anda selama proses pembelajaran. Anda dapat menempelkan catatan tempel berwarna-warni di dalam buku teks agar lebih antusias. Tulis di tempat yang sering Anda lihat.

7. Gunakan gadget dengan bijak

Kemajuan waktu membawa Anda lebih dekat dengan gadget seperti ponsel dan laptop. Daripada hanya bermain game dan media sosial, lebih baik gunakan gadget untuk belajar. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembelajaran online di Ruangguru.

Sumber :