(123)456 7890 demo@coblog.com

Taksonomi Bloom: Sejarah, Klasifikasi, Level, dan Peran

Taksonomi Bloom: Sejarah, Klasifikasi, Level, dan Peran

Pahami taksonomi Bloom
Buka baca cepat

Taksonomi Bloom adalah klasifikasi (klasifikasi) tujuan pendidikan. Taksonomi ini pertama kali disusun pada tahun 1956 oleh Benjamin S. Bloom. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa wilayah (wilayah, wilayah), dan masing-masing wilayah tersebut dipecah menjadi subbagian yang lebih rinci berdasarkan hierarkinya. Benjamin S. Bloom sangat populer di dunia pendidikan dengan taksonominya yang biasa disebut dengan taksonomi Bloom, meskipun Bloom bukanlah orang yang menyatukan taksonomi (klasifikasi, kategorisasi, klasifikasi)
Sejarah Taksonomi Bloom

Taksonomi-Bloom-Sejarah-Klasifikasi-Level-dan-Peran

Ceritanya bermula ketika Bloom dan kawan-kawan berdebat di konferensi Asosiasi Psikolog Amerika pada awal 1950-an, sebagai kelanjutan dari aktivitas serupa pada 1948, bahwa persentase terbesar dari skor penilaian hasil belajar yang dihimpun di sekolah hanya meminta siswa mengatakan demikian hafalan mereka. Hafalan ini sebenarnya adalah tingkat kemampuan berpikir terendah (penalaran atau “perilaku berpikir”). Faktanya, ada level lain yang lebih tinggi. Bloom, Englehart, Furst, Hill dan Krathwohl kemudian merumuskan tiga kelompok (“domain”, domain) kemampuan intelektual (“perilaku intelektual”) – sebagaimana telah disebutkan, yaitu domain kognitif, afektif dan psikomotor.

Klasifikasi taksonomi Bloom

Menurut Benyamin Bloom, klasifikasi hasil belajar meliputi tiga bidang, yaitu bidang kognitif, bidang afektif, dan bidang psikomotorik. Berikut penjelasannya:
Alam kognitif
Alam kognitif
Domain kognitif adalah domain yang mencakup aktivitas mental (otak). Terdiri dari enam aspek yaitu:

Pengetahuan (knowledge) adalah kemampuan seseorang untuk mengingat (mengingat) atau mengenali nama, istilah, ide, gejala, rumus, dsb tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunakannya.
Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk memahami atau memahami sesuatu setelah diketahui dan diingat.
Aplikasi adalah penggunaan abstraksi dalam situasi konkret atau situasi khusus.
Analisis adalah upaya untuk menyeleksi suatu integritas menjadi elemen atau bagian sehingga hierarki dan / atau strukturnya jelas.
Penilaian adalah tentang pengambilan keputusan tentang nilai sesuatu yang dapat dilihat dari segi tujuan, ide, cara kerja, solusi, metode, dan bahan.
Melakukan adalah tingkat tertinggi dari ranah kognitif. Diharapkan pada jenjang ini para siswa mampu berkreasi, mendesain dan menciptakan sesuatu yang baru

Baca lebih lanjut: Kebijakan Pajak
Domain afektif

Domain afektif

Bidang afektif berkaitan dengan sikap dan nilai dan terdiri dari lima aspek, yaitu:

Menerima / berpartisipasi merupakan salah satu bentuk kepekaan dalam menerima rangsangan dari luar yang datang kepada siswa berupa masalah, situasi, gejala dan lain-lain.
Jawaban atau tanggapan, yaitu reaksi dari seseorang terhadap rangsangan dari luar.
Penilaian (evaluasi) berkaitan dengan nilai dan kepercayaan pada gejala atau rangsangan.
Organisasi, yaitu pengembangan nilai-nilai tentang suatu sistem organisasi, termasuk keterkaitan satu nilai dengan nilai lainnya, penguatan dan pengutamaan nilai-nilai yang dimilikinya.
Sifat nilai atau internalisasi nilai, yaitu keterpaduan semua sistem nilai seseorang yang mempengaruhi kepribadian dan pola perilakunya.

Alam psikomotor

Alam psikomotor

Ranah psikomotorik merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan atau kemampuan bertindak setelah seseorang mendapatkan pengalaman belajar tertentu. Terdiri dari enam tingkat kesulitan yaitu:

Meniru
Mengatur
Lakukan prosesnya dengan hati-hati
Lakukan dengan baik dan benar
lakukan aksinya secara alami

Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh dari upaya-upaya dalam tahapan perubahan perilaku yang relatif mantap melalui pelatihan atau pengalaman dengan aspek kepribadian, baik fisik maupun psikologis, serta dengan proses kognitif, afektif, dan psikomotorik.

 

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/