(123)456 7890 demo@coblog.com

Susunan itu adalah: jenis, teknik, langkah, metode dan contoh

Susunan itu adalah: jenis, teknik, langkah, metode dan contoh

Pahami pengaturan
Buka baca cepat

Aransemen merupakan adaptasi suatu gubahan musik dengan nomor suara seorang penyanyi atau alat musik lain berdasarkan gubahan yang ada sehingga esensi dari musik tersebut tidak berubah. Apalagi aransemen menjadi salah satu bentuk upaya yang sering dilakukan dalam sebuah karya pertunjukan musik yang prosesnya tidak hanya sekedar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai seni yang dikandungnya. Orang yang mengaransemen lagu disebut dengan arranger. Kebaikan dasar yang harus dimiliki oleh arranger adalah penguasaan ilmu harmoni.
Jenis pengaturan

Susunan-itu-adalah-jenis-teknik-langkah-metode-dan-contoh

Berikut ini adalah jenis-jenis tatanan yaitu sebagai berikut:

Pengaturan vokal

Setiap lagu memiliki aransemen vokal yang khusus yaitu 2 suara, 3 suara bahkan hingga 4 suara. Pengaturan vokal pada 2 suara merupakan aransemen lagu yang paling sederhana. Sementara itu, mengatur aransemen vokal untuk 3 dan 4 suara membutuhkan lebih banyak persyaratan. Setelah aransemen lagu selesai, dilakukan upaya untuk menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Jika terdapat penataan yang masih kurang baik atau hasil yang kurang maksimal, penataan tersebut dapat ditata ulang hingga tercapai hasil akhir yang memuaskan.
Pengaturan instrumen

Sedangkan susunan alat musiknya sangat berbeda dengan susunan nyanyiannya. Susunan alat musik harus disesuaikan dengan alat musik yang lagu tersebut dimainkan sesering mungkin. Semakin lengkap alat musik yang digunakan maka semakin banyak variasi yang dapat dibuat. Penataan layout instrumennya sendiri didasarkan pada ilmu harmoni dan akord. Bagian dari aransemen musik disebut skor (bahasa Inggris: bagian). Pada aransemen instrumen, sebagian besar partitur dimainkan secara bergantian, sedangkan pada aransemen vokal pada umumnya semua partitur dimainkan secara bersamaan.
Baca lebih lanjut: Memahami e-banking

Pengaturan campuran

Aransemen campuran tersebut menjadi paduan aransemen vokal dan instrumen. Teknik yang digunakan adalah menggabungkan dua jenis tatanan yang ada. Dalam aransemen campuran umumnya ditekankan pada aspek vokal, sedangkan instrumen berperan sebagai pengiring sekaligus animasi, sehingga penampilan yang disajikan dapat ditambahkan dengan sempurna. Konduktor bertindak sebagai konduktor yang mengontrol keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah berhasil disusun.
Teknik aransemen lagu
Teknik aransemen lagu
Pola ritme dan ritme

Irama menjadi bunyi pendek yang bergerak secara teratur, sedangkan pola ritme adalah bentuk pengulangan perkembangan bentukan irama yang digunakan oleh frasa melodi atau kelompok frasa melodi.
melodi

Melodi adalah rangkaian nada yang disusun dan dibunyikan secara runtut dan teratur.
harmoni
Harmoni menjadi perpaduan nada melodi dengan pola ritmis yang serasi dan selaras sebagai satu kesatuan karya seni.

Langkah-langkah penyusunan lagu

1. Pilih dan tentukan lagu yang ingin kita aransemen
Analisis ayat kedua
3. Tentukan bentuk pengaturan
4. Temukan dan tentukan progresi akor
5. Tentukan ritme, tempo, skala dan dinamika yang sesuai
6. Buat sketsa dan susun pengaturan
Bagaimana melakukan pencegahan

Bagaimana melakukan pencegahan
Tentukan melodi utama

Melodi utama perlu ditentukan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis aransemen yang akan digunakan. Aransemen bisa ditentukan dalam bentuk 2, 3 atau bahkan 4 suara dengan memecah melodi atau harmoni lagu yang ada.
Atur akord

Dengan mengetahui akor yang digunakan, arranger dapat dengan mudah membuat berbagai aransemen.
Tentukan ritme atau ritme

Untuk satu level ini arranger dapat menentukan ritme atau ritme yang diinginkan. Irama yang akan digunakan dapat mengubah ritme atau ritme yang digunakan sebelumnya. Misalnya lagu pop yang diaransemen secara tidak langsung dalam dangdut, iramanya juga berbeda dengan lagu sebelumnya.

 

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/