(123)456 7890 demo@coblog.com

Pentingnya memiliki target pasar yang tepat sebelum meluncurkan bisnis online

Pentingnya memiliki target pasar yang tepat sebelum meluncurkan bisnis online

Karena pandemi membatasi mobilitas orang, banyak yang bermigrasi ke platform digital. Tidak sedikit bisnis online yang bermunculan saat UMKM memasuki pasar digital.

Menurut Niagahoster, bisnis online yang berjualan melalui platform digital juga dapat meningkatkan keuntungannya hingga 80%.

Pentingnya memiliki target pasar yang tepat sebelum meluncurkan bisnis online

Pentingnya-memiliki-target-pasar-yang-tepat-sebelum-meluncurkan-bisnis-online

Baca juga:
– Tjufoo resmi hadir di Indonesia dan siap dukung UMKM untuk upgrade
– Strategi meningkatkan penjualan melalui media sosial untuk UMKM
– Bagaimana program PEN membantu UMKM memaksimalkan potensi pasar digital
– Strategi Pemasaran Digital Niagahoster 2022 untuk Korporasi dan UMKM

Belakangan ini banyak bermunculan bisnis rumahan dengan produk yang beragam dan unik

yang ditawarkan di media sosial atau marketplace di website bisnis mereka sendiri.

Perusahaan-perusahaan ini sukses, dan omsetnya bisa mencapai jutaan. Namun, ada juga banyak bisnis baru yang tidak kompetitif atau sulit dijual di pasar dan karena itu takut untuk memulai kembali.

Agar tidak kalah dalam persaingan dan mendapatkan pijakan di pasar, pengusaha dan UMKM harus mampu menentukan target pasar. Target pasar akan menjadi ujung tombak kesepakatan, mencegah pengusaha membuang-buang uang, waktu, dan energi untuk mencoba menjual kepada siapa pun. Selain itu, juga mengurangi risiko produk akan sulit dijual.

Awanda Muthia Sari, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster

menjelaskan, target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk.

“Biasanya mereka memiliki karakteristik yang sama. Baik dari segi kebiasaan, usia, hobi, kebutuhan dan lain-lain,” jelasnya.
Didukung oleh GliaStudio
Awanda Muthia Sari, Affiliate Marketing Specialist di Niagahoster. (Penghosting Niaga)
Awanda Muthia Sari, Affiliate Marketing Specialist di Niagahoster. (Penghosting Niaga)

Sebelum memulai bisnis online, sangat penting untuk menentukan target pasar. Baru kemudian pemberian informasi dan promosi produk untuk target pasar yang tepat.

Menawarkan dan menjual produk untuk semua orang bukanlah strategi pemasaran yang baik kecuali jika produk yang dijual benar-benar dibutuhkan oleh semua orang.

“Tingkat penjualan produk juga tidak akan lebih tinggi jika Anda menjualnya kepada siapa pun karena mereka belum tentu tertarik dengan produk yang ditawarkan baik karena tidak sesuai dengan kebutuhan atau preferensi mereka,” lanjut Awanda.

Dengan mengetahui dan memahami target pasar produk, penjual mendapatkan banyak keuntungan. Penjualan dapat meningkat antara lain dengan lebih fokus pada target pasar. Dengan berfokus pada target pasar, penjual dapat mengetahui produk mana yang disukai pelanggan. Hal ini membuat produk lebih mudah untuk dijual.

Mengetahui target pasar produk juga dapat memberi tahu penjual berapa biaya pemasaran yang diperlukan dan saluran serta konten iklan mana yang tepat.

“Misalnya, target pasar produk kami adalah wanita berusia 19 hingga 35 tahun yang suka bermain media sosial seperti Instagram atau Facebook. Oleh karena itu, kami dapat menggunakan saluran ini untuk mengirim promosi produk ke beranda mereka, ”katanya.

Persaingan dengan kompetitor juga dapat diantisipasi dengan mengetahui target pasar. Mengetahui pasar sasaran membantu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan produk pesaing. Sehingga penjual atau pebisnis dapat membuat produk yang lebih baik.

Ketahui target pasar yang tepat
Ilustrasi target pasar bisnis online. (Penghosting Niaga)
Ilustrasi target pasar bisnis online. (Penghosting Niaga)

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menemukan target pasar yang tepat untuk suatu produk.

“Kita mulai dengan asumsi. Kita pasti sudah mengetahui produk kita dan siapa yang membutuhkannya. Dengan informasi ini, bayangkan siapa target pasar yang tepat,” kata Awanda.

Kemudian lihat persaingan di pasar. Cari tahu bagaimana target pasar bereaksi terhadap produk kita dan produk pesaing berdasarkan beberapa faktor. Misalnya fitur, harga dan opsi pembelian. Kemudian mencari celah agar dapat mengembangkan produk yang lebih baik.

“Banyak komunikasi dengan pelanggan juga menjadi salah satu hal yang penting. Tanyakan apakah produk kami telah membantu mereka dan memenuhi kebutuhan mereka. Kemudian, menonjolkan fitur-fitur unggulan yang dibutuhkan target market agar mereka tahu manfaat apa yang didapat dari produk tersebut,” lanjutnya.

Jika Anda masih berjuang untuk menentukan target pasar Anda sendiri, penjual atau pebisnis dapat menggunakan alat analisis seperti Google Trends atau Google Analytics.

Baca Juga :

https://indonesiamembangun.id
https://daftarkampunginggris.id
https://iainmataram.ac.id
https://festivallembahbaliem.id
https://p4s-pertanian.id