(123)456 7890 demo@coblog.com

Produksi: Pengertian, Tujuan, dan Faktornya

Produksi: Pengertian, Tujuan, dan Faktornya

Definisi produksi

pengertian-produksi

Secara umum pengertian produksi adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang mampu menciptakan / menghasilkan suatu barang atau jasa atau juga untuk menciptakan nilai tambah agar dapat memenuhi kebutuhan seseorang atau suatu perusahaan (produsen). Orang atau badan yang melakukan kegiatan atau kegiatan produksi ini disebut produsen. Sedangkan barang atau jasa yang dihasilkan dari kegiatan pengejaran atau kegiatan produksi disebut sebagai produk. Istilah produksi berasal dari bahasa inggris to production yang artinya menghasilkan.

Dalam pengertian ekonomi, yang dimaksud dengan produksi adalah suatu kegiatan atau kegiatan yang berkaitan dengan penciptaan dan penambahan atau penggunaan suatu barang dan jasa. Berdasarkan pengertian Produksi, terdapat 2 (dua) konsep Kegiatan Produksi, yaitu sebagai berikut.

Kegiatan produksi barang dan jasa Yang dimaksud dengan kegiatan produksi untuk menghasilkan barang dan jasa adalah menghasilkan barang dan jasa yang belum ada, sehingga jumlahnya bertambah atau bertambah besar. Contohnya adalah pertanian, peternakan dan perikanan.

Kegiatan menambah nilai pada barang dan jasa: Pentingnya kegiatan produksi untuk penciptaan nilai dalam penggunaan barang dan jasa merupakan kegiatan atau kegiatan yang menambah nilai penggunaan barang dan jasa sehingga barang dan jasa tersebut menjadi lebih tinggi. Contohnya antara lain tempe yang terbuat dari kedelai, keripik yang terbuat dari singkong, dan kain pakaian.

Faktor-faktor produksi

Faktor produksi – kegiatan atau kegiatan produksi jalan bergantung pada ketersediaan faktor produksi. Faktor produksi adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam suatu kegiatan atau kegiatan produksi untuk suatu barang atau jasa. Faktor-faktor produksi terdiri dari

  • alam (sumber daya alam),
  • Kerja kerja),
  • Modal (capital) dan
  • Keahlian pengusaha (keterampilan) atau sumber daya (kewirausahaan).

Faktor produksi alami dan tenaga kerja merupakan faktor produksi (asli) terpenting, sedangkan modal dan tenaga kerja merupakan faktor produksi turunan. Berikut ini dijelaskan faktor-faktor produksi sebagai berikut:

Faktor produksi alami

Faktor produksi alam adalah semua kekayaan di alam semesta ini yang digunakan dalam proses produksi. Faktor produksi alami juga disebut sebagai faktor produksi primer atau asli. Faktor alamiah produksi terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari dan barang tambang.

Faktor produksi tenaga kerja

Faktor produksi tenaga kerja merupakan faktor produksi manusia yang secara langsung maupun tidak langsung dapat melakukan kegiatan atau kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja ini adalah faktor produksi asli. Meski banyak aktivitas atau aktivitas dalam proses produksi yang dilakukan oleh mesin saat ini, namun keberadaan manusia tetap dibutuhkan.

Faktor produksi modal

Faktor produksi modal merupakan faktor pendukung yang dapat mempercepat dan meningkatkan kapasitas produksi. Faktor produksi dapat berupa mesin, sarana pengangkutan, gedung dan sarana pengangkut.

Faktor produksi kompetensi

Kompetensi faktor produksi adalah kemampuan atau kemampuan individu untuk mengkoordinasikan dan mengatur faktor-faktor produksi agar mampu menghasilkan barang dan jasa.

Proses pembuatan

Proses produksi merupakan tahapan atau tahapan yang harus dilalui dalam produksi barang atau jasa. Ada proses produksi yang memakan waktu lama, misalnya dalam pembuatan gedung pencakar langit, pembuatan pesawat terbang, pembuatan kapal dan lain-lain. Proses produksinya membutuhkan waktu yang berbeda, namun ada juga kekurangannya seperti pembuatan kain, pembuatan televisi dan lain sebagainya. Namun ada juga proses produksi yang bisa dinikmati konsumen secara langsung, seperti hiburan, pijat, dan produksi lainnya.

Berdasarkan metodenya, proses produksinya dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, antara lain sebagai berikut …

  • Proses produksi singkat
    merupakan proses produksi yang singkat atau cepat dan langsung dalam menghasilkan barang atau jasa yang dapat dinikmati konsumen. Misalnya proses produksi pangan seperti pisang goreng, bakwan, singkong goreng. dan lainnya.
  • Proses produksi yang lama
    merupakan proses produksi yang memakan waktu lama. Misalnya dalam proses produksi menanam padi dan membangun rumah.

Proses kontinyu / kontinyu

Merupakan proses produksi dimana bahan diproses satu demi satu dalam beberapa tahapan proses hingga akhirnya menjadi produk jadi. Bahan tersebut secara terus menerus melewati tahapan atau tahapan proses mesin untuk mendapatkan produk jadi. Misalnya proses pembuatan gula, kertas, permen karet dan lain-lain

Proses produksi terputus-putus

adalah proses produksi dimana bahan-bahan tersebut diolah dengan menggabungkannya menjadi barang jadi. Misalnya proses pembuatan mobil, dimana bagian-bagian mobil dibuat secara terpisah, mulai dari rangka, roda kemudi, ban, mesin, kaca, dan lain-lain. Setelah semua jenis bagian mobil selesai atau lengkap, selanjutnya yang dilakukan adalah bagian-bagian mobil tersebut digabungkan dan dijadikan satu mobil.

Tujuan produksi

Di bawah ini adalah tujuan produksi, diantaranya sebagai berikut …

  • Menghasilkan barang atau jasa
  • Meningkatkan nilai penggunaan barang atau jasa
  • Meningkatkan kekayaan masyarakat
  • Tingkatkan Keuntungan
  • Memperbesar area bisnis
  • Menjaga kelangsungan bisnis perusahaan

Sekian penjelasan tentang definisi produksi, faktor, proses dan tujuan, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :