(123)456 7890 demo@coblog.com

Etika rapat online saat WFH

Etika rapat online saat WFH

Pandemi COVID-19 telah memaksa kantor untuk bekerja dari rumah atau dari rumah.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bekerja dari jarak jauh, hanya saja untuk bekerja dari rumah lebih spesifik dimana bekerja dari rumah. Saat bekerja dari jarak jauh, ini bisa berarti bekerja dari mana saja di luar kantor, di kedai kopi, di rumah, dengan teman, di luar negeri, dll.

Etika-rapat-online-saat-WFH

Baik teleworking maupun WFH menciptakan kebiasaan baru yang bisa menjadi kebiasaan di kemudian hari, seperti pertanyaan etika dalam rapat online. Penting untuk memahami tata krama dalam rapat online agar rapat dapat berjalan sebagaimana mestinya dan tentunya agar tidak terlalu menyulitkan salah satu pihak.

Rapat online sekarang dapat menjadi bagian normal dari alur kerja tim harian. Tetapi bagaimana Anda membuat rapat online menjadi optimal dan efektif untuk semua orang? Di bawah ini telah kami rangkum beberapa hal tentang etika dalam rapat online agar rapat dapat berjalan dengan efektif.
Pilih alat untuk rapat online

Ada banyak aplikasi konferensi video yang dapat digunakan untuk rapat online. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan individu yang ingin berkomunikasi melalui panggilan video. Bahkan aplikasi panggilan video sekarang dapat digunakan untuk konferensi video yang mencakup lebih banyak pengguna, ideal untuk bisnis atau kantor.

Tapi, di antara banyak aplikasi di luar sana, terkadang sulit untuk memilih yang tepat untuk kebutuhan tim. Tentunya ketika memilih aplikasi video call/video conferencing untuk kebutuhan tim Anda, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan.

Apakah Anda perlu mengetahui reaksi masing-masing tim saat berbagi ide?

Maka Anda memerlukan aplikasi konferensi video.
Apakah Anda memerlukan aplikasi kolaboratif untuk mengerjakan siaran pers? Kemudian Anda dapat menggunakan Google Documents.
Apakah Anda perlu menyajikan sesuatu? Maka Anda memerlukan aplikasi panggilan video / konferensi video yang memiliki fitur berbagi layar.
Berapa banyak yang menghadiri pertemuan online? Ketika ada puluhan peserta online, Anda juga membutuhkan aplikasi yang dapat menampung banyak orang di ruang rapat tanpa penundaan aplikasi.

Etika rapat online

Kelancaran arus rapat online tidak hanya tergantung pada pilihan alat untuk rapat, etika juga memainkan peran penting. Agar rapat dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa aturan dasar dalam rapat online, yaitu:

Sebelum rapat online berlangsung, disarankan untuk memeriksa semua perangkat

yang diperlukan berjalan dengan lancar (uji kamera, uji mikrofon, uji berbagi layar untuk melihat apakah berjalan dengan lancar, apakah koneksi WiFi lancar, lalu uji apakah speaker Anda bisa mendengar suara).
Baca agenda rapat dan siapkan tanggal yang diperlukan.
Perkenalkan diri Anda atau beri kesempatan kepada peserta rapat untuk menyapa sebagai bukti kehadiran.
Jangan sibuk menatap ponsel Anda ketika orang lain sedang memberikan presentasi. Cobalah untuk mengikuti apa yang ditampilkan bahkan jika Anda mematikan kamera Anda.
Jangan menyela orang lain saat mereka berbicara. Coba dengarkan sampai seseorang selesai, lalu jawab.
Jangan melakukan tugas apapun saat rapat online, seperti B. Memeriksa email, dll.
Matikan semua notifikasi dan alihkan ponsel Anda ke mode senyap.
Pastikan semua anggota tim berada di area yang tenang dan bebas gangguan.

Mempraktikkan etika saat rapat online seperti di atas dapat membantu terciptanya rapat online yang kondusif. Semua ini untuk kelancaran rapat sehingga semua orang bisa mendapatkan informasi yang dibagikan dalam rapat.

Bahkan, tampaknya lebih sulit menjalin komunikasi yang baik dibandingkan dengan pertemuan tatap muka. Namun, di saat seperti sekarang ini, ketika komunikasi tatap muka menjadi berisiko, komunikasi online adalah pilihan terbaik. Etika dalam pertemuan online juga ada karena dibutuhkan.

Pertemuan online mungkin tidak sebaik pertemuan tatap muka karena sulit untuk mengawasi setiap peserta. Namun perlu diketahui setiap peserta rapat online agar dapat mempraktekkan etika rapat online di atas untuk menciptakan suasana kondusif seperti pertemuan tatap muka di kantor.

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/