(123)456 7890 demo@coblog.com

Ekologi: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Jenis, dan Contoh

Ekologi: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Jenis, dan Contoh

Pahami ekologi

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup atau kelompok makhluk hidup, serta interaksi berbagai organisme dengan lingkungan (habitatnya) guna menciptakan keseimbangan lingkungan.
Pengertian ekologi Menurut para ahli

Ekologi-Pengertian-Prinsip-Manfaat-Jenis-dan-Contoh

Berikut pengertian ekologi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

1. Setelah C. Elton

Ekologi adalah ilmu yang secara ilmiah mempelajari sejarah alam atau kehidupan alam.
2. Ernst Haeckel

Menurut Ernst Haeckel (1866), konsep ekologi adalah pengetahuan yang komprehensif tentang hubungan organisme dengan lingkungannya.

3. E. P. Odum

Menurut E. P. Odum (1963) konsep ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam “Ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam”.
Baca lebih lanjut: Referensi adalah

4. Resosoedarmo

Ekologi adalah suatu studi yang meneliti tentang interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan.
5. Eugene P. Odum

Ekologi adalah suatu analisis sistematis dan fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga hubungan antara sesama organisme dengan lingkungannya
Prinsip ekologis

Prinsip ekologi adalah sebagai berikut:

Interaksi adalah hubungan yang selalu dimiliki oleh setiap individu dengan individu lain yang sejenis atau sejenis, baik individu dalam satu populasi maupun individu dari populasi lain.
Saling ketergantungan adalah hubungan yang saling membutuhkan antara manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya.
Keanekaragaman adalah hubungan yang beraneka ragam, tidak hanya manusia dan manusia, tetapi juga tumbuhan, hewan dan alam yang saling berhubungan.
Harmoni (harmoni) yaitu adanya hubungan yang baik antara manusia dengan alam termasuk lingkungannya
Keberlanjutan adalah sistem biologis yang dapat mendukung keanekaragaman hayati dan produktivitas yang tidak terbatas.

Manfaat ekologi bagi manusia

Berikut ini adalah manfaat ekologi bagi manusia diantaranya:
1. Mengetahui perilaku makhluk hidup

Ekologi ini juga dapat membantu manusia untuk mengenali tingkah laku makhluk hidup lain yang bermanfaat bagi manusia. Misalnya, sistem sonar kapal selam yang diadaptasi untuk kelelawar dan lumba-lumba berguna bagi manusia untuk menentukan lokasi.
2. Mengetahui peran manusia di lingkungan

Ekologi juga dapat membantu manusia menentukan efek produk manusia terhadap lingkungan. Misalnya, produk pembuangan hama DDT sebenarnya mencemari lingkungan manusia dan organisme lain.
3. Mengenal keanekaragaman hayati

Dengan ekologi, manusia juga dapat memahami makhluk hidup yang berbeda dan hubungannya dengan tempat tinggalnya. Contohnya adalah bagaimana unta dapat bertahan hidup pada suhu tinggi sedangkan penguin dapat bertahan hidup pada suhu dingin.
4. Memecahkan masalah pertanian

Ekologi juga dapat membantu orang memecahkan masalah pertanian yang dihadapi orang. Misalnya untuk menjaga kesuburan tanah dibutuhkan beberapa mikroba penghasil nitrat dan amonium.
Baca lebih lanjut: PSU

5. Pemetaan konsumsi pangan

Dengan ekologi ini, manusia dapat mengetahui struktur dan volume makanan setiap makhluk hidup. Misalnya tumbuhan digunakan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen level 1, hewan karnivora sebagai konsumen level 2, manusia sebagai konsumen level 3, hewan korosif dan produk korosif tersebut dikonsumsi oleh produsen sebagai sumber energi.

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/