(123)456 7890 demo@coblog.com

Discussion Text : Pengertian, Tujuan, Ciri, Structure, Contoh

Discussion Text : Pengertian, Tujuan, Ciri, Structure, Contoh

Teks diskusi: definisi, tujuan, fitur, struktur umum dan contoh dalam bahasa Inggris

discussion-text-structure

Diskusi adalah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang pada akhirnya memberikan pemahaman yang baik dan benar. Sebuah diskusi bisa apa saja yang awalnya disebut sebagai topik. Diskusi berkembang dan dibahas dari topik ini, yang pada akhirnya mengarah pada pemahaman topik.

Ada beberapa jenis teks dalam bahasa Inggris diantaranya Descriptive, Procedure, Narrative, Recount, Report, Explanation, Analytical Representation, Hortatory Exposure, Procedure, Review, Anecdote, Spoof, dan News Item (setiap teks memiliki tujuan dan struktur teks yang berbeda) disana adalah apa yang disebut teks diskusi. Pada kesempatan kali ini, IBI akan membahas tentang makna, tujuan, sifat, struktur generik, dan contoh teks diskusi.

1. Memahami teks diskusi

Tampilkan daftar bacaan cepat

Pada bagian ini kita akan membahas tentang pentingnya teks diskusi. Apa itu teks diskusi? Yang dimaksud dengan teks diskusi adalah artikel yang menyajikan suatu masalah, yang bermasalah, dan yang memiliki unsur kelebihan dan kekurangan. Topik ini dibahas dari dua perspektif yang berbeda. Dalam hal ini terdapat pro dan kontra, yaitu sebuah artikel yang menggambarkan wacana atau perdebatan tentang suatu masalah yang dibahas dari sudut pandang yang berbeda. Kita biasanya menemukan tulisan atau teks diskusi dalam tulisan-tulisan filosofis, sejarah dan sosial.

2. Tujuan teks diskusi

Tujuan komunikatif dari teks diskusi itu sendiri adalah untuk menyajikan suatu masalah atau pertanyaan yang dipertimbangkan dari setidaknya dua sudut sebelum mencapai suatu kesimpulan atau rekomendasi dengan menyajikan suatu masalah atau informasi dengan menjelaskan beberapa pendapat para ahli di bidangnya dan pendapat yang diungkapkan. biasanya saling bertentangan (keuntungan dan kerugian).

3. Sifat-sifat teks diskusi

1. Penggunaan simple present tense
2. Penggunaan modalitas seperti must, should, would, may, dll.
3. Penggunaan koneksi aditif, kontrastif dan acak (penggunaan kata-kata yang membandingkan: kontra-konjungsi), seberapa mirip tetapi masih di sisi lain tetapi juga di sisi lain, tetapi di sisi lain dan konsekuensinya (sebab dan akibat) misalnya: jadi, maka. dll.
4. Fokus pada peserta umum manusia dan non-manusia.
5. Penggunaan bahasa diskusi: Menurut pendapat.
6. Gunakan kata-kata berpikir seperti: merasa, berharap, percaya.

4. Teks diskusi tentang struktur generik

Dalam struktur kebahasaan teks diskusi, hal ini dapat dilihat dari gagasan utama dalam setiap paragraf teks diskusi. Struktur kebahasaan teks diskusi adalah:

masalah

Topik terdapat pada paragraf pertama, yang berisi penempatan masalah atau topik yang akan dibahas atau representasi topik yang akan dibahas atau dibahas dalam artikel.

Sumber :