(123)456 7890 demo@coblog.com

Pengertian, Macam, Fungsi Dan Contoh Kalimat Possessive

Pengertian, Macam, Fungsi Dan Contoh Kalimat Possessive

Kata ganti posesif: definisi, jenis, fungsi, dan contoh kalimat dengan pertanyaan latihan

contoh-kalimat-possessive

Tas ini milikku

Ada yang tau maksud kalimat ini? Jawaban Anda akan berbeda. ada yang bilang tidak mengerti, ada yang bilang tas itu milik mereka dan seterusnya. Kalimat di atas merupakan kalimat yang menunjukkan sifat.

Seseorang mengatakan tas itu miliknya. Dalam tata bahasa ini dikenal sebagai kata ganti posesif atau kata ganti posesif.

Jadi apa itu kata ganti posesif? ikuti penjelasan di bawah ini.

Apa itu kata ganti posesif?

Kata ganti posesif adalah kata ganti yang mendesain kepemilikan. Mereka juga dapat digunakan sebagai pengganti frase kata benda dan biasanya ditemukan di akhir kalimat atau kalimat.

Kata ganti posesif adalah kata ganti yang menunjukkan properti atau properti. Kata ganti posesif juga dapat digunakan sebagai pengganti frase kata benda. dan biasanya berada di akhir kalimat atau klausa.

Selain itu, kata ganti posesif juga digunakan untuk menghindari pengulangan kata atau informasi dalam kalimat yang informasi atau makna sebenarnya dalam kalimat tersebut sangat jelas dan tepat. agar pendengar atau pembaca tidak merasa bingung dengan pengulangan informasi yang sama dalam kalimat yang disampaikan oleh pembicara atau penulis.

Perhatikan 2 contoh berikut!

  • Buku ini adalah buku saya, bukan buku Anda. (Kedengarannya berulang-ulang) Buku ini adalah buku saya, bukan milik Anda.
  • Buku ini milikku, bukan milikmu. (Milikku dan milikmu adalah kata ganti posesif) Buku ini milikku, bukan milikmu.

Saya pikir tanpa membaca dengan seksama, Anda akan tahu apa perbedaannya dan kalimat mana yang mudah dibaca dan didengar. tentu saja kalimat yang kedua bukan?

Nah, salah satu kegunaan kata ganti posesif adalah untuk membuat pembaca atau pendengar lebih nyaman saat merasakannya.

Jenis kata ganti posesif

Ketika Anda berbicara banyak atau sesuatu. Faktanya, ada sangat sedikit kata ganti posesif dan mereka relatif mudah dipelajari dan dipahami. lihat di bawah ini!

Fungsi kata ganti posesif

Seperti namanya, kata ganti posesif menunjukkan kepemilikan. Seperti namanya, kata ganti jenis ini digunakan untuk menunjukkan dan menjelaskan properti

  • Kata ganti posesif tidak mengandung apostrof. Kata ganti posesif tidak mengandung apostrof. > (Buku Andy)
  • Kata ganti posesif memberikan kejelasan baik dalam bentuk kalimat tertulis maupun lisan. Kata ganti posesif memberikan kejelasan informasi yang terkandung dalam kalimat baik dalam bentuk tertulis maupun lisan.
  • Kata ganti posesif disertai dengan daftar subjek yang sesuai. Kata ganti posesif juga sering digabungkan

 

sumber :