Home » Editor's Choice » Apa Itu Apartemen dan Apa Keuntungan Berinvestasi Apartemen?

Apa Itu Apartemen dan Apa Keuntungan Berinvestasi Apartemen?

Apakah saat ini anda sedang bingung mencari definisi apartemen? Kita tahu bahwa sebagian masyarakat belum mengetahui dengan gamblang apa yang disebut apartemen. Secara bahasa , apartemen adalah tempat tinggal yang terdiri atas ruangan duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas (kolam renang, pusat kebugaran, toko, dan sebagainya). Apartemen biasanya terletak di daerah perkotaan, hal ini karena diperkotaan sudah sangat mahal untuk biaya pembelian lahan dan bangunan, selain mahal masyarakat kota dengan mobilitas yang tinggi akan kesulitan jika waktunya harus dibagi untuk memaintenace tempat tinggalnya.

Bisa disimpulkan bahwa apartemen merupakan 1 ruang bangunan dengan ukuran tertentu yang berada didalam 1 bangunan besar yang terletak dalam kota. Umumnya apartemen letaknya terbagi menjadi blok blok, tujuannya agar akases transportasi lebih mudah. Selain itu apartemen dibangun di dekat lingkungan (bisnis, komersial, pendidikan, kesehatan, hiburan, dan lain-lain).

Gambaran Apartemen Secara Jelas

Apartemen Jogja

Tampak Luar Apartemen

Interior apartemen jogja

Tampak Dalam Apartemen

Setiap apartemen memiliki desain dan ukuran tertentu, dan di Indonesia sendiri ukuran apartemen yang paling populer adalah 36. Dengan ukuran dan desain yang berbeda, harga apartemen biasanya juga ditentukan oleh pasaran setiap daerah.

Saat ini masyarakat modern lebih memilih untuk memiliki apartemen ketimbang membangun rumah dari NOL dengan / membeli rumah didaerah perumahan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, dan berikut ini alasan kenapa apartemen menjadi tempat tinggal atau hunian terbaik dijaman modern seperti ini.

  1. Lebih Aman –  Ketika tinggal diapartemen tentunya kita akan disuguhkan dengan keamanan sekelas bintang 5. Secara lokasi, apartemen terbentuk dalam sebuah blok yang mana hanya bisa diakses dari 2 jalur saja yaitu jalaur masuk dan jalur untuk keluar melalui penjagaan satpam yang ketat. Ditambah lagi, di apartemen umumnya sudah terpasang cctv yang dapat membantu sistem keamanan apartemen bila terjadi suatu kejadian yang tidak di inginkan. Akan sulit bagi orang-orang jahat bisa lolos dari sistem keamanan apartemen. Bagungan apartemen secara garis besar dibangun dengan perhitngan yang tepat, sehinga lebih kokoh dan bisa bertahan bila terjadi gempa dan bencana lainnya.
  2. Suport dengan mobilitas tinggi – Apartemen memang diperuntukkan untuk masyarakat dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Pasalnya hampir seluruh apartemen didesain dengan letak yang berdekatan dengan lalu lintas bisnis, kesehatan, pendidikan, hiburan dan lain lain. Masyarakat dengan mobilitas tinggi lebih menyukai dan terbantu dengan lingkungan yang seperti ini.
  3. Bebas Maintenance – Benar sekali, tinggal dilingkungan apartemen akan bebas dari maintenance hunian, karena setiap penghuni nantinya akan ada biaya bulanan untuk perbaikan ruangan secara berkala, sehingga tidak perlu lagi repot repot mengurusi bangunan, karena akan diurus langsung oleh ahlinya.
  4. Asuransi Jiwa – Seluruh penghuni apartemen akan mendapatkan asuransi jiwa dari pengelola apartemen yang bekerjasama dengan pihak ketiga. Hal ini dilakukan untuk membuat penghuni apartemen lebih merasa aman dan terlindungi.
  5. Rapi dan Bersih –  Ketika hidup dilingkungan apartemen, dapat dipastikan penghuni akan ikut terseret dalam kebersihan yang lebih terjaga. Semua petugas kebersihan membersihkan lingkungan apartemen setiap hari, tidak hanya lingkungan apartemen, jika penghuni membutuhkan jasa membersihkan ruang apartemen bisa langsung kotak ke pihak kebersihannya.

Apa Keuntungan Berinvestasi Apartemen?

Secara garis besar, berinvestasi dibidang properti tentu menguntungkan, namun dalam berinvestasi properti apartemen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu: Lokasi, harga, privasi, keamanan serta gaya hidup lingkungan apartemen.