ALAT-ALAT KOMUNIKASI DAN INFORMASI

ALAT-ALAT KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Alat-alat komunikasi dan informasi pada zaman dahulu orang berkomunikasi secara langsung. Alat-alat komunikasi dan informasi adalah peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi dan mengirimkan informasi dengan orang lain yang letaknya berjauhan dengan kita.

A.    Komputer

Komputer merupakan suatu alat yang dapat menyimpan data yang jumlahnya sangat banyak. Namun komputer tidak mampu berfikir sendiri, seseorang harus memberinya program. Salah satu komponen terkecil dalam komputer adalah Centra Processing Unit (CPU).
Bagian-bagian komputer :
•    Layar (monitor), adalah bagian komputer yang bentuknya mirip televisi, yang berguna untuk menampilkan huruf, gambar, maupun program-program.
•    Central Processing Unit (CPU), semua perintah yang dikenal sebagai program diterjemahkan dan dijalankan di dalam CPU.
•    Keyboard, merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai mesin pengetik.
•    Mouse, mengandung sensor-sensor yang menggerakkan kursor pada layar.

B.    Radio

Radio adalah salah satu cara untuk mengirim pesan jarak jauh , gelombang radio juga digunakan untuk mengirim sinyal dari stasiun radio, stasiun televisi, dan antar telepon seluler.
Di stasiun radio, musik dan suara lain diubah menjadi sinyal listrik. Gelombang radio yang dipancarkan oleh menara pemancar ini kemudian ditangkap oleh antena radio. Peralatan lain yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain adalah radio walkie talkie.
Radio teleskop merupakan alat yang digunakan untuk menangkap gelombangradio dari luar angkasa.

Dan alat-alat komunikasi dan informasi yang lain adalah televisi,telepon, dan satelit.


Baca Artikel Lainnya: