Home » Editor's Choice » 4 Tips Membersihkan dan Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Sofa

4 Tips Membersihkan dan Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Sofa

Memberishkan Sofa

Tips membersihkan sofa ini sebenarnya adalah hal yang mudah. Namun banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Biasanya Jasa Cuci Sofa yang terlalu lama digunakan akan memunculkan kotoran atau bercak yang kemudian membuatnya terlihat kotor dan tidak enak digunakan.


Sofa merupakan salah satu tempat yang sering digunakan sebagai tempat orang bertamu di rumah Anda. Ingin membeli sofa baru, namun belum punya biaya? Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membersihkan sofa tersebut dengan berbagai tips yang ada dalam ulasan berikut ini.

  1. Sebelum menggunakan produk pembersih sofa apapun, sebaiknya bersihkan debu dan kotoran yang ada di seluruh permukaan sofa terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kemoceng, sikat berbulu halus, lap atau mesin penghisap debu yang ujungnya berbulu.
  2. Selanjutnya Anda bisa menggunakan kain microfiber atau tisu basah yang sudah dibasahi dengan sedikit cuka untuk membersihkan noda atau bercak. Tes lebih dulu bahan atau produk pembersih yang akan digunakan pada bagian kecil yang tersembunyi sebelum menggunakannya pada di seluruh permukaan sofa.
  3. Anda bisa membersihkan seluruh permukaannya menggunakan kain microfiber yang sudah dibasahi dengan larutan deterjen untuk membersihkan sofa secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan larutan deterjen bisa bekerja membersihkan kotoran yang ada di bawah permukaan.
  4. Ketika pengeringan, beberapa orang ada yang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sofa lebih cepat, namun akan lebih baik, jika Anda membiarkan sofa agar kering secara alami. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa membiarkan angin masuk ke dalam ruangan, atau membawa sofa keluar agar terkena sinar matahari.

Setelah dibersihkan, terkadang masih ada bau yang tidak sedap pada sofa. Bau tak sedap ini seringkali menjadi masalah di sebuah ruangan. Bau tidak sedap bisa terjadi karena ada tumpahan cairan yang lama mengendap, pencucian sofa yang kurang kering, bau hewan peliharaan, atau bahkan keringat yang menempel.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka bau tidak enak ini akan semakin sulit dihilangkan. Hal itu tentunya membuat kenyamanan Anda menjadi terganggu, belum lagi jika ada orang yang bertamu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips menghilangkan bau tidak sedap pada sofa berikut ini.

Menjemur Sofa

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau yang tidak sedap adalah dengan menjemur sofa di bawah sinar matahari secara langsung. Hal ini tentunya akan membuat sofa Anda menjadi cepat kering.

Jika ada noda atau kotoran, Anda bisa mencuci bagian tersebut dengan sabun mandi. Beberapa sofa ada juga yang bisa dilepas kain pelapisnya untuk memudahkan dalam pembersihan.

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Baking soda sangat ampuh untuk digunakan dalam menyerap bau. Anda bisa menaburkan baking soda di permukaan sofa. Biarkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan sofa tersebut dengan vacuum cleaner agar tampak bersihnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cuka. Caranya yaitu dengan melarutkan cuka dalam segelas air, dan semprotkan pada permukaan sofa. Kemudian, Anda bisa menjemur sofa hingga kering, dan bau tidak sedap akan menghilang karena pengaruh cuka dan sinar matahari tersebut.

Menggunakan Sabun Bayi untuk Sofa Kulit

Jika Anda punya sofa berbahan kulit, maka perlu perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya agar tahan lama. Untuk menghilangkan bau tak sedap pada sofa berbahan kulit, maka Anda bisa menggunakan sabun bayi.

Caranya yakni dengan menuangkan sabun ke permukaan sofa dan mencampurnya dengan air. Bersihkan sofa dengan sikat berbulu halus agar kulitnya tidak mengelupas. Bilas dengan lap basah, dan keringkan dengan lap halus.

Menyisipkan Kayu Manis atau Biji Kopi

Cara lain yakni dengan menyisipkan potongan kayu manis di sela-sela sofa. Pewangi alami ini bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengunakan beberapa biji kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sofa.

Itulah beberapa tips untuk membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap pada sofa. Bersihkan Cuci Sofa Depok Anda agar semakin nyaman digunakan.